09 November 2010

Sukses dan Gagal ??



Dalam setiap perbincangan yang namanya menceritakan kesuksesan dalam berbisnis merupakan pembicaran yang paling menyenangkan untuk di tuangkan dalam sebuah pecakapan. berbeda dengan Robert T Kiyosaki dalam bukunya "cash flow quadrant" berpendapat bahwa, sebenarnya sukses itu guru yang buruk.

kemudian di jabarkan oleh pak Purdi E Chandra dalam bukunya "cara gila jadi pengusaha". tapi itu berlaku untuk diri kita sendiri, artinya sebagai entrepreneur kita sebaiknya tidak berguru pada kesuksesan kita sendiri. karena hal itu menyebabkan kita menjadi kurang bersemangat, menjadi tidak kreatif, menjadikan kita lengah dan sombong, menjadikan kita lupa diri, bahkan tidak menutup kemungkinan ini bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. sukses itu, bukan berarti "waktunya untuk menikmati".
namun jika sabaliknya orang lain yang belajar atau kita sebagai entrepreneur yang belajar kepada orang lain yang telah sukses, itu memang bisa menjadi guru yang baik.

Bagaimana dengan kegagalan?? dalam semua buku telah saya baca tentang kesuksesan para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya mulai dari nol hingga mampu maju dan berpengaruh. semua itu tidak lepas dengan yang namanya kegagalan. maka janga pernah takut gagal dalam menjalankan sebuah bisnis karena itu memang merupakan tahapan yang harus dilewati. tepatlah kalimat bijak yang mengatakan bahwa kegagalan itu sukses yang tertunda.

keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya.

(Bob Sadino)

Tidak ada komentar: