24 November 2012

Perubahan Pasti Terjadi

sebuah kalimat kempanye yang di lontarkan seorang calon peserta Pilkada yang  cukup menggambarkan alur perjalanan kondisi perubahan dalam hidup berbunyi "setiap jaman ada pemimpinnya dan setiap pemimpin ada jamannya" .. 

jika di jabarkan kedalam alur perjalanan usaha yang kita geluti maka bisa di terjemahkam bahwa setiap kita membangun sebuah usaha maka akan ada suatu masa dimana kita akan menjadi yang terdepan atau yang terbaik atau yang terkaya atau yang terkenal atau lebih tepatnya kita lebih bersinar dari pengusaha lainya.

dan hal ini juga berarti akan tiba masanya kita akan mengalami kemunduran usaha bahkan mungkin sampai terjadi kebangkrutan dalam bidang yang akan kita geluti jika saat ini kesuksesan sedang dalam genggaman. demikian juga jika saat ini posisi kita dalam keadaan terjatuh dan bangkrut maka tunggulah masanya kita akan merasakan kesuksesan dan kejayaan di depan. 

mengutip dari pengalaman pribadi saya..  yang pernah merasakan indahnya kesuksesan usaha dalam beberapa tahun hingga akhirnya mengalami kemunduran yang sangat drastis sampai sempat terjebak dalam keputus asaan.

ketika keadaan sukses yang kita rasakan maka hampir bisa di jamin akan tersumbatnya lubang-lubang kritik dan saran untuk lebih memperbaiki kondisi kita, karena situasi diri sedang diatas angin, penjualan meningkat, pelanggan berdatangan, omset menanjak seakan-akan pengusaha lain tidak akan mampu melampaui perkembangan usaha kita.

tanpa kita sadari satu persatu pengusaha baru  bermunculan dengan dana yang pastinya lebih besar dari kita
untuk merebut pasar dan pelanggan kita dengan trik dan gaya baru, hingga dampaknya akan sangat terasa dengan munurunnya jumlah penjualan dan berkurangnya pelanggan yang datang. 

kesadaranpun mulai timbul seiring menurutnya omset penjualan, saran dan kritik yang selama ini masuk dalam kotak sampah mulai di gali lagi demi kembali berusaha bersaing dengan para kompetitor kita. dan  ketika saat itu  terjadi seakan-akan semua masukan sudah terlambat untuk di jalankan.

pelajaran penting dalam berbisnis yang ingin saya sampaikan adalah kita harus pandai-pandai melihat situasi pasar dimana perubahan pasti akan terjadi dengan sangat cepat dan kita harus siap menerimanya dengan kondisi suka atau tidak suka.

perhatikan dengan seksama para kompetitor kita, baik pemain lama maupun pemain baru, jangan sampai terlena dengan kondisi kita saat ini, entah kondisi kita dalam posisi sukses berat atau kondisi kita dalam posisi jatuh bangkrut..

camkan baik-baik dalam hati bahwa semua ini ada masanya, kita harus tetap siaga dan bersiap-siap menerima bahwa kedepannya akan terjadi perubahan dan kita  harus siap menerima tantangannya.




Tidak ada komentar: