22 November 2012

Fokus dalam Bisnis

Melanjutkan tulisan sebelumnya bagaimana masalah fokus bisa membuat saya bangkrut..

semakin besarnya dana dari perbankan masuk  ternyata tidak serta merta membuat usaha bisa berjalan lebih baik, sebaliknya kondisi usaha yang tampak hidup di mata orang luar ternyata kropos dari dalam.

dari tahun ke tahun tampak pencairan dari berbagai perbankan seharusnya membuat usaha semakin kokoh dari segi keuangan, sementara system yang saya bangun hanya berperan kecil dalam membentuk rantai usaha.

hampir semua mentor-mentor tentang pengembangan usaha dari seluruh penjuru dunia pernah mengatakan akan pentingnya sebuah system sehingga seakan-akan systemlah yang menjadi pilar nomor satu dalam pengembangan sebuah usaha.

jawaban yang saya temukan di lapangan adalah hal pertama yang harus di bangun dan di pertahankan adalah FOKUS.. ketika mental kita sudah terbangun bagaimana menciptakan fokus dalam sebuah usaha maka akan tampak jelas tujuan pengembangan usaha tersebut, fokus menjalankan sebuah bidang usaha menjadikan kita kuat dalam berbisnis ... 

beberapa hal yang bisa menyebabkan kebangkrutan akibat tidak fokus :

ketika dana kita banyak dan usaha mulai menunjukkan kemajuan, maka berhati-hatilah dengan godaan untuk membuka usaha baru yang keliatannya menjanjikan keuntungan besar. akibat dari godaan ini adalah berkurangnya modal usaha yang kita alokasikan untuk jenis usaha baru itu... 

hal inilah salah satu penyebab saya mengalami kebangkrutan, beberapa usaha sampingan saya jalani tanpa perhitungan menyebabkan uang kas terus saya keluarkan untuk membiayai usaha baru, sehingga tanpa sadar ketitika usaha utama mengalami kemunduran dana yang saharusnya tersedia untuk membantu sudah kosong.

system memang sangatlah penting namun ketika godaan datang maka system dengan mudahnya akan terkoyak oleh sang pemilik bisnis... 

bagi pengusaha baru FOKUS adalah kata kunci untuk bisa melaju dalam sebuah bisnis...


Tidak ada komentar: