09 Juli 2011

Komputer tiba-tiba 'mati' sendiri


sementara asik-asiknya bermain game tiba-tiba kompi teman kita ini mati atau shutdown dengan sendirinya, sekedar info kalau rumah teman kami ini sering ditempati pengajian jadi kemungkinan adanya mahluk-mahluk halus apalagi kasar yang menggangu tidak bisa dijadikan sasaran tombak.
kondisi kompi sebelumnya 'aku baik-baik saja' (versi, Mulan Jameeela).

kemudian coba di hidupkan lagi dengan sihir maupun iming2 fulus .. untuk memastikan dimana letak kerusakan kompi tersebut, dan ternyata kompi tidak tergoda dengan fulus dan juga tidak bisa ditaklukkan dengan sihir mak erot..hehe

kemungkinan 1:
Di sebabkan overhead pada processor atau panas yang berlebih (JANGAN PAKE TEMPRA YAH !!).
solusi 1:
periksa kondisi processor terutama pasta yang di oles pada bagian badan processor, kalau sudah kering gantikan dengan pasta baru untuk menetralisir panas yang berlebih yang ditimbulkan oleh kinerja kompi. lihat juga kondisi kipas processor apakah putarannya masih normal atau sudah tidak berfungsi baik, sabaiknya gantikan kipas dengan yang original fan untuk memastikan kerja kipas betul-betul baik. (DILARANG MENGGUNAKAN AC DIDALAM KOMPI !!)

kemungkinan 2:
Power supply yang tidak kuat mengangkat daya berlebih yang di timbulkan oleh besarnya daya yang dibutuhkan oleh game tersebut.
solusi 2:
cek power supply apa masih berfungsi normal atau sudah 'kalah', cobalah ganti dengan meminjam punya teman yang power supplynya masih bagus. jika kondisi bagus gantilah power supply dengan daya yang besar untuk memastikan konsumsi daya yang dibutuhkan terpenuhi, karena pada saat bermain game konsumsi daya yang dibutuhkan pada semua perangkat yang berjalan di atas motherboard akan bekerja secara full atau 100% yang bisa menyebabkan kekurangan supplai daya. (INGAT KEMBALIKAN BARANG ORANG KLO DAH PAKE YAH!!)

sekian dan terima kasih...


Tidak ada komentar: