12 Juli 2009

Printer hp 2180 blinking

Baru saja menyelesaikan perbaikan Printer Hp 2180 dengan sedikit terseok-seok.. gejala awal yang di tunjukkan berupa blink dengan lampu indikator orange berkedip pada bagian penarik kertas dan tinta secara bersamaan.
jika tombol pada penarik kertas di tekan lampu indikator kemudian berhenti, tidak demikian dengan tombol penarik kertas walaupun di tekan berulang-ulang hasil tetap menunjukkan blinking berulang-ulang.

indikasi biasanya salah satu atau kedua cartridge ada yang trouble.. setelah di lakukan uji coba dengan melakukan penggantian cartridge ternyata msalah masih sama. kalau sudah begini maka dilakukanlah pembedahaan terhadap sang printer untuk menelusuri dimana letak kesalahannya.
setelah bagian casing atas di buka maka tampaklah jeroaan sang printer. pemeriksaan awal dilakukan dengan mengecek head cartridge atau tempat dimana posisi cartridge bertengger, ternyata benar pada bagian pin yang berwarna emas ada 1 titik yang putus.. sebenarnya ini bisa di sambung dengan menggunakan solder khusus tp karena saya tidak punya solder ini maka jalan satu-satunya adalah di ganti saja kseluruhannya.
tapi ternyata setelah di lakukan penggantian persoalan belum selesai blinking masih nampak pada bagian penarik kertas.. kembali lagi kita melakukan pembedahan dengan membukanya sampai bagian penarik kertas keliatan, setelah di perhatikan dengan seksama ternyata beberapa bagian terlihat berkarat sehingga menghalangi pergerakan mekanik.. setelah diberi sedikit minyak mesin pada bagian yang berkarat untuk memuluskan kerja mekanik, satu persatu bagian di kembalikan keposisi semula dan dilakukanlah pengetesan alat.... tombol power di tekan dan hasilnya menunjukkan lampu indikator normal, dan saat dilakukan test print , printer kembali berjalan normal dan damai,.... SEMOGA BERMANFAAT....

Tidak ada komentar: