29 September 2008

Printer Hp D2466 Sangat Lambat


saat menjalankan perintah printing dari komputer sepertinya tidak
ada masalh, printer langsung merespon dengan baik namun pada saat
kertas mulai tertarik ke dalam bak penarik kertas masalah baru keliatan,
sekian lama ditunggu kertas tidak menampakkan tanda-tanda akan keluar,
setelah di tunggu beberapa menit dengan rasa dongkol, barulah
mulai keliatan reaksi dari printer ini.

wah.. kalau 1 halaman saja harus menunggu sekitar 10 menit untuk melihat
hasil printing, gimana kalau 100 lembar ya ????

karena ini kasus pertama bagi saya, maka saya mulai mencari literatur
mengenai kasus ini di buku-buku dan internet, akhirnya saya menemukan
sedikit titik terang di salah satu cetakn ebook yang lama tersimpan.
dituliskan disana untu kasus seperti ini kemungkinan masalh ada pada
board printer tersebut.

mulailah saya membongkar bagian demi bagian printer ini, sampai akhirnya
saya melihat board yang letaknya paling bawah dari komponen yang lain.
kebetulan saya punya stok board dengan type yang sama maka pergantianpun
dijalankan dengan baik, setelah semua bagian terpasang kembali, mulailah
saya mencoba printer tersebut dan ternyata belum ada perubahan sama sekali.

kembali saya membongkar printer ini dan memasang lagi board yang lama,
kali ini saya berasumsi sendiri dengan menebak saja kemungkinan
yang rusak dan tebakan saya jatuh pada penarik kertas yang keliatannya
tidak bermaslah tapi tetap saja saya menjatuhkan vonis kepadanya.

pergantianpun saya lakukan dengan baik walapun agak sedikit rumit dan saat
mendebarkanpun tiba, setelah tombol power di tekan maka....

krek...krekkkkk..... aha ternyata sukses, printer akhirnya bisa
kembali bekerja dengan baik.

semoga bermanfaat.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

minta petunjuknya mas...
kebetulan saya mengalami hal sama... d2466 saya lama bgt ngeprintnya...
mekanisme tekan tombol power lama itu maksudnya gmana yaa... apa dalam kondisi printer lagi hidup trus di matiin dengan menekan tombol power laama,, atau dalam kondisi printer dalam kondisi mati terus mau dinyalakan dengan menekan tombol printer lama....
mohon penjelasan detilnya...
terimakasih....

My Shared Blog mengatakan...

terimakasih petunjuknya mas,printer saya tipe 3920 juga seperti itu,tapi anehnya saat saya melakukan test print(tahan tombol power,lalu buka-tutup cover printernya 5 kali )printer tetep bisa ngeprint cepet seperti kualitas fast normal...